INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA
ANALISIS KEBUTUHAN BELAJAR MEMBACA SISWA
Siswa yang berbahagia,
Angket ini dibuat untuk
mengumpulkan data mengenai pengalaman
belajar Adik, keterampilan membaca teks berbahasa Inggris yang Adik miliki, harapan Adik terkait penyelenggaraan kegiatan belajar bahasa Inggris, dan tujuan belajar Adik.
Hasil angket ini akan dijadikan masukan untuk merencanakan dan melaksanakan
proses belajar bahasa Inggris. Jawablah sejujur-jujurnya setiap nomor di angket ini karena jawaban Adik tidak akan mempengaruhi nilai bahasa
Inggris dan sifatnya rahasia. Terima kasih.
Salam sukses,
Tiara
![]() |
1. Silahkan Adik lengkapi data diri ini. Nama Adik tidak perlu ditulis sebagai
jaminan bahwa hasil angket ini mempengaruhi nilai bahasa Inggris Adik. Untuk butir
c-g silakan Adik berikan tanda centang (√) pada jawaban Adik. Apabila jawaban Adik tidak
tertulis dalam pilihan jawaban, silakan Adik tulis pada opsi ‘Lainnya’. Jika
Adik merasa kesulitan dalam mengisi Angket ini, silakan Adik bertanya pada
instruktur.
a.
|
Tanggal pengisian
angket : ..........................................
b. Tempat, tanggal lahir :
..........................................
c. Jenis kelamin :
Laki-laki
Perempuan


d. Bahasa sehari-hari dengan teman di rumah :
Jawa
Indonesia
Campuran
Lainnya: ....




e. Bahasa sehari-hari dengan orang tua di
rumah :
Jawa
Indonesia
Campuran
Lainnya: ....




f. Bahasa sehari-hari dengan teman di sekolah :
Jawa
Indonesia
Campuran
Lainnya: ....




g. Bahasa sehari-hari dengan guru di sekolah :
Jawa
Indonesia
Campuran
Lainnya: ....




2.
|
Di bagian
ini Adik akan ditanyai infomasi tentang pengalaman Adik dalam membaca. Silakan memberikan
tanda centang (√) pada kolom yang sesuai dengan pengalaman Adik.
4 = Sering
|
3 = Kadang-kadang
|
2 = Jarang
|
1 = Tidak pernah
|
Pengalaman membaca
|
4
|
3
|
2
|
1
|
a. Ketika membaca teks berbahasa Indonesia, saya membaca dengan cepat.
|
|
|
|
|
b. Ketika saya membaca teks berbahasa Indonesia, saya memahami 90% isi
dari
teks yang saya baca.
|
|
|
|
|
c. Ketika membaca teks berbahasa Inggris, saya membaca dengan cepat.
|
|
|
|
|
d. Ketika saya membaca teks berbahasa Inggris, saya memahami 90% isi dari
teks yang saya baca.
|
|
|
|
|
3.
Silakan
Adik sebutkan pengalaman dan motivasi
Adik sebagai pembaca dengan cara memberikan tanda centang (√) pada kolom
yang paling sesuai dengan diri Adik. Silakan menjawab dengan sejujur-jujurnya.
5 = Sering
|
4 = Kadang-kadang
|
3 = Jarang
|
2 = Tidak pernah
|
1 = Tidak tahu
|
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Pikirkan tentang pengalaman Adik dalam
membaca.
|
|||||
a. Waktu saya
kecil anggota keluarga saya membacakan cerita/teks berbahasa Indonesia (atau
Jawa) untuk saya.
|
|
|
|
|
|
b. Saya membaca pada waktu santai.
|
|
|
|
|
|
c. Saya mengunjungi perpustakaan untuk membaca.
|
|
|
|
|
|
d. Saya mengunjungi toko buku untuk mencari buku bacaan.
|
|
|
|
|
|
e. Saya membaca melalui internet (contoh membaca website, blog, dll).
|
|
|
|
|
|
Lanjutan No. 3
5 = Sering
|
4 = Kadang-kadang
|
3 = Jarang
|
2 = Tidak pernah
|
1 = Tidak tahu
|
Pikirkan tentang
orang-orang di sekitar Adik yang suka membaca.
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
f. Anggota keluarga saya membaca.
|
|
|
|
|
|
g. Teman-teman saya membaca.
|
|
|
|
|
|
h. Teman/keluarga saya membantu
saya dalam hal membaca.
|
|
|
|
|
|
i. Saya membicarakan apa yang telah saya baca dengan orang lain.
|
|
|
|
|
|
Pikirkan manfaat membaca bagi Adik.
|
|||||
j. Saya belajar banyak hal dengan membaca
|
|
|
|
|
|
k. Saya memiliki topik-topik bacaan favorit.
|
|
|
|
|
|
l. Saya membaca untuk memperluas wawasan saya dalam topik-topik favorit
saya.
|
|
|
|
|
|
m. Saya membaca tentang hal-hal baru.
|
|
|
|
|
|
n. Saya membaca untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah.
|
|
|
|
|
|
4.
Pada
bagian ini, Adik diminta untuk memberikan
informasi tentang teks-teks yang biasa Adik baca, baik dalam bahasa Indonesia
maupun dalam bahasa Inggris. Silakan memberikan tanda centang (√) pada
kolom yang paling sesuai dengan pengalaman Adik.
5 = Saya sering membaca jenis bacaan ini.
|
4 = Saya kadang-kadang
membaca jenis bacaan ini.
|
3 = Saya jarang membaca jenis bacaan ini.
|
2 = Saya tidak
pernah membaca jenis bacaan ini walaupun saya tahu tentang jenis bacaan
ini.
|
1 = Saya tidak tahu tentang jenis
bacaan ini.
|
Dalam BAHASA INDONESIA,
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Dalam BAHASA INGGRIS,
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
seberapa sering Adik membaca jenis bacaan
berikut?
|
|
seberapa sering Adik membaca jenis
bacaan berikut?
|
||||||||||
a. buku pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
a. buku pelajaran
|
|
|
|
|
|
b. artikel
|
|
|
|
|
|
|
b. artikel
|
|
|
|
|
|
c. fiksi (contoh: novel, cerpen)
|
|
|
|
|
|
|
c. fiksi (contoh: novel, cerpen)
|
|
|
|
|
|
d. non-fiksi (contoh: sejarah, science)
|
|
|
|
|
|
|
d. non-fiksi (contoh:
sejarah, science)
|
|
|
|
|
|
e. puisi
|
|
|
|
|
|
|
e. puisi
|
|
|
|
|
|
f. koran
|
|
|
|
|
|
|
f. koran
|
|
|
|
|
|
g. majalah
|
|
|
|
|
|
|
g. majalah
|
|
|
|
|
|
h. buku resep
|
|
|
|
|
|
|
h. buku resep
|
|
|
|
|
|
i. buku manual (contoh: panduan
penggunaan/pengoperasian Hp/laptop)
|
|
|
|
|
|
|
i. buku manual (contoh:
panduan penggunaan/pengoperasian Hp/laptop)
|
|
|
|
|
|
j. komik
|
|
|
|
|
|
|
j. komik
|
|
|
|
|
|
k. website
|
|
|
|
|
|
|
k. website
|
|
|
|
|
|
l. blog
|
|
|
|
|
|
|
l. blog
|
|
|
|
|
|
m. majalah dinding
|
|
|
|
|
|
|
m. majalah dinding
|
|
|
|
|
|
n. poster
|
|
|
|
|
|
|
n. poster
|
|
|
|
|
|
o. pengumuman
|
|
|
|
|
|
|
o. pengumuman
|
|
|
|
|
|
p. lainnya ......................
|
|
|
|
|
|
|
p. lainnya .........................
|
|
|
|
|
|
5. Silakan Adik pikirkan tentang strategi membaca yang Adik gunakan dalam
membaca teks berbahasa Inggris. Berikan tanda centang (√) pada kolom yang
paling sesuai dengan penggunaan strategi tersebut. Jika Adik ragu-ragu, silakan bertanya pada instruktur. Jika Adik merasa belum pernah mendengar tentang
strategi tertentu, jangan terlalu dipikirkan, silahkan lewati poin tersebut. Informasi tentang penggunaan
strategi membaca ini akan membantu instruktur dalam memilih materi dan kegiatan
belajar yang dapat mengembangkan strategi membaca Adik.
5 = Saya sering
menggunakan
strategi ini.
|
4 = Saya kadang-kadang menggunakan strategi ini.
|
3 = Saya
jarang menggunakan strategi ini.
|
2 = Saya tidak pernah
menggunakan strategi ini walaupun saya
tahu strategi ini.
|
1 = Saya tidak tahu tentang startegi ini.
|
No
|
Strategi membaca
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
a
|
Sebelum
membaca suatu teks, saya menentukan tujuan membaca.
(contoh: untuk mengetahui perkembangan suatu berita,
untuk memahami brosur, untuk mencari judul buku dalam katalog, dll).
|
|
|
|
|
|
b
|
Sebelum
membaca, saya merencanakan cara-cara untuk memahami teks itu.
|
|
|
|
|
|
c
|
Sebelum
membaca, saya melihat sekilas teks dan gambar untuk mengetahui gambaran umum
tentang isi teks.
|
|
|
|
|
|
d
|
Sebelum
membaca, saya menebak informasi apa yang akan disampaikan dalam teks itu.
|
|
|
|
|
|
e
|
Saat
saya membaca, saya mengecek apakah prediksi/tebakan saya sesuai dengan apa
yang telah saya baca.
|
|
|
|
|
|
f
|
Saat
saya membaca, saya menemukan beberapa pertanyaan yang perlu saya jawab.
|
|
|
|
|
|
g
|
Saat
saya membaca, saya berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.
|
|
|
|
|
|
h
|
Saat
saya membaca, saya menghubungkan apa yang sudah saya ketahui dengan informasi
baru yang ada dalam teks itu.
|
|
|
|
|
|
i
|
Saat
saya membaca, saya membuat kesimpulan-kesimpulan kecil dari tiap bagian yang
sudah saya baca.
|
|
|
|
|
|
j
|
Saat
saya membaca, saya menebak-nebak apa saja gagasan utama yang disampaikan
dalam teks itu.
|
|
|
|
|
|
k
|
Saat
saya membaca, saya mencoba memahami
bagaimana kalimat-kalimat dalam teks itu saling mendukung gagasan kalimat
satu dan yang lain.
|
|
|
|
|
|
l
|
Saat
saya membaca, saya memperhatikan bagaimana penulis menyusun ide-idenya ke dalam
teks itu.
|
|
|
|
|
|
5 = Saya sering
menggunakan
strategi ini.
|
4 = Saya kadang-kadang menggunakan strategi ini.
|
3 = Saya
jarang menggunakan strategi ini.
|
2 = Saya tidak pernah
menggunakan strategi ini walaupun saya
tahu strategi ini.
|
1 = Saya tidak tahu tentang startegi ini.
|
No
|
Strategi membaca
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Lanjutan No.5
|
||||||
m
|
Saat
saya membaca, saya membaca kembali bagian-bagian yang ingin saya pahami.
|
|
|
|
|
|
n
|
Saat
membaca saya menebak arti kata-kata baru berdasarkan konteks.
|
|
|
|
|
|
o
|
Jika
diperlukan, saya mencari arti kata-kata baru dengan menggunakan kamus atau
alat bantu lainnya.
|
|
|
|
|
|
p
|
Saat
membaca, saya menandai kosakata atau kalimat yang memuat ide-ide baru.
|
|
|
|
|
|
q
|
Saya
mengecek pemahaman saya sambil saya terus membaca.
|
|
|
|
|
|
r
|
Ketika
saya tidak memahami suatu bagian dari teks, saya mencoba menemukan kesulitan
saya.
|
|
|
|
|
|
s
|
Jika
saya keliru dalam memahami bagian tertentu dari teks itu, saya mencari letak
kesalahan saya dan mencoba memperbaikinya.
|
|
|
|
|
|
t
|
Setelah
membaca, saya mengecek apakah tujuan awal saya membaca sudah terpenuhi.
|
|
|
|
|
|
u
|
Setelah
selesai membaca, saya merefleksikan apa saja yang telah saya pelajari dari
teks itu.
|
|
|
|
|
|
v
|
Lainnya
(sebutkan) ..........................................................................................................................
|
|
|
|
|
|
6.
Silakan
Adik pikirkan tentang keterampilan
membaca teks berbahasa Inggris yang telah Adik miliki. Berikan tanda
centang (√) pada kolom yang paling sesuai dengan diri Adik. Jika
Adik merasa tidak tahu tentang keterampilan yang disebutkan, jangan ragu-ragu untuk menanyakannya kepada
instruktur. Jika Adik merasa belum pernah mendengar tentang
keterampilan tertentu, jangan terlalu dipikirkan, silahkan lewati poin
tersebut. Informasi mengenai keterampilan membaca teks berbahasa Inggris
ini akan digunakan untuk memilih materi dan kegiatan belajar membaca teks
berbahasa Inggris.
5 =
Sering
|
4 = Kadang-kadang
|
3 = Jarang
|
2 = Tidak
pernah
|
1 = Tidak tahu
|
No
|
Keterampilan membaca teks
berbahasa Inggris
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
a
|
Saya memahami isi
sebuah teks dalam waktu terbatas.
|
|
|
|
|
|
b
|
Saya memahami ide
pokok teks saat
membaca.
|
|
|
|
|
|
c
|
Saya memahami tujuan
penulisan suatu teks (contoh: untuk menghibur, untuk mendeskripsikan
seseorang, menerangkan
suatu proses, dll).
|
|
|
|
|
|
d
|
Saya mengenali perbedaan/ciri-ciri tiap jenis teks (recount,
narrative, descriptive, dll).
|
|
|
|
|
|
e
|
Saya mencari inti dari tiap paragraf untuk meringkas
teks.
|
|
|
|
|
|
f
|
Saya membedakan antara
kalimat utama dan kalimat pendukung.
|
|
|
|
|
|
g
|
Saya membedakan kalimat mana
yang
sesuai dengan isi teks dan mana yang tidak.
|
|
|
|
|
|
h
|
Saya menggunakan kata
penghubung/konjungsi untuk memahami hubungan kalimat satu dan yang lainnya (contoh: oleh karena itu - sebab akibat, namun – pertentangan, dll).
|
|
|
|
|
|
i
|
Saya memahami bagaimana kalimat satu dan yang lainnya
saling berkaitan.
|
|
|
|
|
|
j
|
Saya menggunakan
pengetahuan tata bahasa (contoh: tenses) untuk mengetahui apakah kalimat/bagian satu dan yang lainnya saling
terhubung.
|
|
|
|
|
|
k
|
Saya memahami penggunaan kata ganti (kata ganti orang/benda)
dengan baik.
|
|
|
|
|
|
l
|
Saya mencari informasi
tertentu dalam teks dengan cara membaca cepat sampai informasi itu ditemukan.
|
|
|
|
|
|
m
|
Saya memahami informasi tersurat (informasi
yang tertulis
atau dapat ditemukan pada teks).
|
|
|
|
|
|
n
|
Saya menebak arti
kata-kata baru berdasarkan konteks.
|
|
|
|
|
|
o
|
Saya memahami teks
dengan menghubungkannya dengan pengalaman hidup.
|
|
|
|
|
|
p
|
Saya memahami
informasi tersirat
(informasi yang tidak tertulis dalam teks dan harus disimpulkan dengan kata-kata sendiri).
|
|
|
|
|
|
q
|
Saya membuat diagram pemahaman atau diagram alur
pikir (mind
mapping) untuk membantu saya memahami isi teks.
|
|
|
|
|
|
r
|
Saya memahami isi teks
secara keseluruhan.
|
|
|
|
|
|
B. NOMOR 7 – 15 BERIKUT
ADALAH PERTANYAAN MENGENAI PENGALAMAN, PENDAPAT DAN HARAPAN ADIK TERHADAP PROSES
BELAJAR MEMBACA TEKS BERBAHASA INGGRIS DI SEKOLAH.
7.
Silakan
Adik pikirkan tentang pengalaman Adik
dalam mempelajari keterampilan-keterampilan berbahasa Inggris di kelas X. Berikan tanda centang (√) pada kolom yang
sesuai dengan seberapa sering
keterampilan tersebut diajarkan di kelas.
4 = Sering diajarkan
|
3 = Kadang-kadang
diajarkan
|
2 = Jarang diajarkan
|
1 = Tidak pernah diajarkan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Listening (mendengarkan)
|
|
|
|
|
Speaking (berbicara)
|
|
|
|
|
Reading (membaca)
|
|
|
|
|
Writing (menulis)
|
|
|
|
|
Grammar (tata bahasa)
|
|
|
|
|
Vocabulary (kosakata)
|
|
|
|
|
8.
Silakan
Adik baca semua pilihan tema
berikut, lalu Adik pilih beberapa tema yang Adik suka dan urutkan tema-tema tersebut dengan cara memberikan nomor urut pada
kolom di sebelah kanan pilihan tema yang menurut Adik menarik.
Tema
|
No. Urut
|
Teknologi
|
|
Kuliner
|
|
Petualangan
|
|
Cinta
dan kasih sayang
|
|
Seni
& budaya
|
|
Olah raga
|
|
Lingkungan
|
|
Hiburan/entertainment
|
|
Karir
|
|
lainnya (sebutkan)
..................
|
|
9.
Selanjutnya,
silakan Adik pikirkan pengalaman mengenai
kegiatan belajar membaca yang pernah Adik miliki. Berikan tanda centang (√) pada kolom yang
sesuai dengan pengalaman belajar Adik di kelas.
5 = Saya sering
melakukan kegiatan
ini.
|
4 = Saya kadang-kadang melakukan kegiatan ini.
|
3 = Saya
jarang melakukan kegiatan ini.
|
2 = Saya tidak pernah melakukan
kegiatan ini walaupun saya tahu tentang
kegiatan ini.
|
1 = Saya tidak tahu tentang kegiatan ini.
|
No
|
Pengalaman
mengenai kegiatan membaca di kelas
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
permainan
(contoh: permainan menghafal/menebak arti kosakata dalam teks, dll)
|
|
|
|
|
|
2
|
melengkapi cerita, bagan, diagram
atau tabel
|
|
|
|
|
|
3
|
menjodohkan
kata, kalimat, gambar dan/atau paragraph
|
|
|
|
|
|
4
|
mengurutkan
gambar, paragraf, dll
|
|
|
|
|
|
5
|
bertukar
informasi antarkelompok mengenai isi teks
|
|
|
|
|
|
6
|
diskusi
mengenai isi teks
|
|
|
|
|
|
7
|
diskusi
mengenai pengalaman saya terkait isi bacaan
|
|
|
|
|
|
8
|
membaca nyaring
|
|
|
|
|
|
9
|
membaca
dalam hati
|
|
|
|
|
|
10
|
menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait bacaan
|
|
|
|
|
|
11
|
mencari arti kata baru dengan menggunakan alat bantu
(misal: kamus)
|
|
|
|
|
|
12
|
menyimpulkan
isi teks dengan kata-kata sendiri
|
|
|
|
|
|
13
|
menebak
isi teks dengan menggunakan pengetahuan umum yang dimiliki
|
|
|
|
|
|
14
|
membaca dengan waktu yang terbatas untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan terkait teks
|
|
|
|
|
|
15
|
melihat
teks dan gambar sekilas sebelum membaca untuk memprediksi isi wacana secara umum
|
|
|
|
|
|
16
|
mencari
informasi tertentu dalam teks dengan cara membaca cepat sampai informasi itu
ditemukan
|
|
|
|
|
|
17
|
meringkas teks
|
|
|
|
|
|
18
|
membandingkan dua teks atau lebih
|
|
|
|
|
|
19
|
mengarang akhir cerita dari sebuah novel/dongeng
yang disediakan di buku.
|
|
|
|
|
|
20
|
mengedit teks dengan cara mencari kata yang salah
atau hilang dari teks lalu memperbaiki bagian yang salah/hilang tersebut.
|
|
|
|
|
|
21
|
membaca dan memberikan judul untuk suatu teks
|
|
|
|
|
|
10.
Silakan Adik pikirkan tugas-tugas yang
guru berikan kepada Adik untuk dikerjakan di luar jam sekolah. Berikan tanda centang (√) pada tugas di bawah
ini sesuai dengan sering-tidaknya tugas ini diberikan.
4 = Saya sering
mendapatkan tugas
ini.
|
3 = Saya kadang-kadang
mendapatkan tugas
ini.
|
2 = Saya jarang mendapatkan
tugas ini.
|
1 = Saya tidak pernah
mendapatkan tugas ini.
|
No
|
Tugas atau pekerjaan rumah (PR)
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
menulis suatu teks dengan tema/topik pilihan sendiri
|
|
|
|
|
2
|
menulis suatu teks dengan
tema/topik yang telah disediakan
|
|
|
|
|
3
|
menjawab soal-soal pilihan ganda
dari LKS
|
|
|
|
|
4
|
menjawab soal-soal jawaban
pendek dari LKS
|
|
|
|
|
5
|
menjawab soal-soal dari sumber
lain selain LKS
|
|
|
|
|
6
|
melengkapi teks rumpang
|
|
|
|
|
7
|
menerjemahkan cerita berbahasa
Inggris ke dalam bahasa Indonesia
|
|
|
|
|
8
|
membaca koran/majalah dan
menyampaikan kembali isinya
|
|
|
|
|
9
|
meringkas bacaan dari buku
pelajaran
|
|
|
|
|
10
|
meringkas bacaan dari sumber
selain buku pelajaran
|
|
|
|
|
11
|
mencari suatu contoh teks dari
koran
|
|
|
|
|
12
|
mencari suatu contoh teks dari
majalah
|
|
|
|
|
13
|
mencari suatu contoh teks dari
internet
|
|
|
|
|
14
|
merekam suatu berita/siaran (dari TV atau radio)
|
|
|
|
|
15
|
menonton TV dan meringkas pesan yang disampaikan
|
|
|
|
|
16
|
membuat dialog bahasa Inggris
untuk diperagakan pada pertemuan selanjutnya
|
|
|
|
|
17
|
membuat drama sederhana
berbahasa Inggris untuk diperagakan pada pertemuan selanjutnya
|
|
|
|
|
18
|
lainnya
...............................
|
11.
Pada
bagian ini, silakan Adik berikan tanda centang (√) pada kolom yang sesuai
dengan pengalaman Adik dalam membahas
bersama tugas atau pekerjaan rumah (PR).
4 = Tugas/PR sering
dibahas pada waktu
ini.
|
3 = Tugas/PR kadang-kadang dibahas pada
waktu ini.
|
2: Tugas/PR jarang dibahas pada waktu
ini.
|
1 = Tugas/PR tidak pernah dibahas pada waktu ini.
|
No
|
Waktu pembahasan tugas atau pekerjaan rumah (PR)
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
di akhir pelajaran
|
|
|
|
|
2
|
di awal pelajaran
|
|
|
|
|
3
|
seminggu sekali
|
|
|
|
|
4
|
lainnya (sebutkan)
...........................................................
|
|
|
|
|
12.
Pada bagian ini, silakan Adik pikirkan
cara belajar Adik di dalam kelas, lalu Adik centang (√) kolom di sebelah kanan
berdasarkan cara belajar yang selama ini Adik lakukan di dalam kelas.
4 = Saya sering
menggunakan cara
ini.
|
3 = Saya kadang-kadang menggunakan cara ini.
|
2= Saya jarang menggunakan
cara ini.
|
1= Saya tidak pernah
menggunakan cara ini.
|
No
|
Cara belajar
di kelas
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
belajar secara individu
|
|
|
|
|
2
|
belajar secara berpasangan
|
|
|
|
|
3
|
belajar dalam kelompok kecil
|
|
|
|
|
4
|
belajar dalam kelompok besar
|
|
|
|
|
5
|
lainnya (sebutkan)
.................................................................
|
|
|
|
|
13. Silakan Adik pikirkan tentang pengalaman belajar Adik dan seberapa aktif
Adik terlibat dalam kegiatan belajar. Berikan tanda centang (√) pada kolom yang sesuai dengan seberapa sering Adik aktif
dalam kegiatan belajar berikut.
4= Sering
|
3 = Kadang-kadang
|
2 = Jarang
|
1 = Tidak pernah
|
No
|
Peran sebagai siswa
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Saya mengikuti kegiatan
membaca dengan aktif.
|
|
|
|
|
2
|
Saya
mempraktekkan/mempresentasikan hasil pekerjaan saya dengan baik.
|
|
|
|
|
3
|
Saya mengamati
contoh-contoh wacana dengan teliti.
|
|
|
|
|
4
|
Saya berinteraksi dalam
kelompok/dengan pasangan dengan aktif.
|
|
|
|
|
5
|
Saya menjawab soal-soal
dengan aktif
|
|
|
|
|
6
|
Saya berdiskusi dengan
aktif
|
|
|
|
|
7
|
Saya mencari tahu apapun
yang saya perlukan secara mandiri
|
|
|
|
|
8
|
Lainnya (sebutkan)
............................................................
|
|
|
|
|
14. Silakan Adik berikan pendapat Adik terhadap situasi-situasi berikut. Berikan tanda centang (√) pada kolom yang
paling sesuai dengan pendapat Adik.
5 = Sangat setuju
|
4 = Setuju
|
3 = Ragu-ragu
|
2 = Tidak setuju
|
1 = Sangat Tidak Setuju
|
No
|
Peran guru
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Saya
suka jika kegiatan belajar diatur dengan baik
|
|
|
|
|
|
2
|
Saya suka jika informasi yang saya perlukan saat belajar dapat
saya peroleh dari berbagai sumber
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya
suka jika peraturan belajar disepakati bersama antara guru dan siswa
|
|
|
|
|
|
4
|
Saya
suka jika guru memberikan soal-soal untuk mengetahui kemajuan belajar saya
|
|
|
|
|
|
5
|
Saya
suka jika guru ikut/terlibat dalam kegiatan belajar bersama saya
|
|
|
|
|
|
6
|
Saya
suka jika guru mendengar pendapat dan keluhan saya selayaknya orang tua/teman
|
|
|
|
|
|
7
|
Saya
suka jika guru membantu saya untuk mengenali potensi saya
|
|
|
|
|
|
8
|
Saya
suka jika guru membantu saya dalam menyelesaikan kesulitan belajar saya.
|
|
|
|
|
|
9
|
Saya
suka jika guru memberikan bantuan dan nasehat saat saya memerlukannya
|
|
|
|
|
|
10
|
Saya suka jika saya diberi kebebasan berpikir dan
berkreasi saat mengerjakan tugas
|
|
||||
11
|
Saya suka jika guru menghargai hasil pekerjaan
saya
|
|
||||
12
|
Saya suka jika saya dibantu belajar dari
kesalahan saya
|
|
||||
13
|
lainnya
(sebutkan) ..................................................
|
|
|
|
|
|
15. Silakan Adik baca semua butir di bawah
ini, lalu Adik pilih beberapa butir
yang sesuai dengan tujuan belajar
Adik, dan Adik urutkan dengan cara memberikan
nomor urut pada kolom di sebelah kanan pilihan Adik.
Saya berusaha membaca teks berbahasa Inggris dengan
baik supaya ...
|
No. Urut
|
mendapatkan
nilai bahasa Inggris yang tinggi
|
|
menang
lomba bahasa Inggris
|
|
menjawab
soal-soal Ujian Nasional dengan benar
|
|
berhasil
dalam tes masuk perguruan tinggi
|
|
paham
saat membaca buku-buku berbahasa Inggris
|
|
paham
saat menonton film-film dalam berbahasa Inggris
|
|
paham
saat mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris
|
|
paham
saat membaca koran berbahasa Inggris
|
|
paham
saat membaca cerita/novel berbahasa Inggris
|
|
paham
saat menonton siaran TV berbahasa Inggris
|
|
paham
saat membaca blog/website berbahasa Inggris
|
|
dapat membantu teman/adik dalam belajar bahasa Inggris
|
|
dapat berbagi pengetahuan tentang bahasa Inggris dengan
orang lain
|
|
lainnya
(tuliskan)....................................................
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar